Anda Diet? Sahur Dengan Makanan Rendah Kalori Berikut

Bagi umat muslim sahur memang sudah menjadi salah satu bagian urutan ibadah dalam puasa di bulan Ramadhan, kerap kali salah makan menjadikan Anda malah makin gemuk saat puasa, bukannya kurus. Tentu bagi Anda yang sedang menjalani program diet dapat membuat Anda kecewa. Aturlah makanan dengan kalori yang mencukupi seperti yang dikutip dari inilah.com berikut.

Wayback Machine

Sayuran hijau

Bayam, asparagus dan brokoli memiliki efek panas tinggi pada tubuh dan memiliki kepadatan kalori yang rendah. Ini berarti tidak mungkin disimpan sebagai cadangan lemak karena sebagian besar kalori yang dibakar masuk dalam proses pencernaan.

Serat pada sayuran ini juga mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Ikan

Ikan berlemak sehat seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden mengandung asam Omega 3 tiga yang sangat tinggi. Bukan hanya mengenyangkan perut tetapi juga menurunkan tingkat kolesterol dalam darah serta melancarkan proses metabolisme.

Asam Omega-3 mengubah tingkat leptin – hormon yang secara langsung mempengaruhi metabolisme dan menentukan apakah kalori yang ada dibakar atau disimpan sebagai lemak. Sebaiknya olah ikan dengan dipanggang atau dikukus dan konsumsi bersama sayuran.

Susu rendah lemak

Susu skim, keju rendah lemak dan yogurt adalah sumber terbaik kalsium. Khasiat kalsium adalah untuk memecahkan sel-sel lemak. Sejumlah penelitian menunjukkan, jika kebutuhan kalsium tak terpenuhi, tubuh akan memproduksi calcitrol, hormon yang membuat lemak menumpuk dalam tubuh.

Apel

Kadar air dan serat yang tinggi adalah alasan Anda merasa kenyang setelah makan apel. Kulit apel juga mengandung serat pektin yang berfungsi sebagai penekan nafsu makan alami. Untuk menjaga berat badan dan tetap kenyang, makanlah apel dengan kulitnya setiap hari.

Baca Juga   8 Cara Mengatasi Depresi Atau Stress

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan tinggi akan serat dan sumber protein yang baik. Untuk mencerna membutuhkan waktu lebih lama, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu lama pula. Protein memang memiliki “highest satiety index” (indeks yang menentukan berapa lama Anda merasa kenyang) daripada zat nutrisi lainnya.

Untuk mengetahui seberapa besar jumlah kalori pada makanan-makanan yang Anda konsumsi? cek tabel kalori berikut. Atau Anda dapat menghitung kebutuhan kalori Anda perhari di kalkulator kalori disamping ini.

TweetThis site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.RoPrevious captureMau Cantik Dengan Bunga-Bungaan?, Simak Yang berik…Next captureMengobati penyakit liverloadingCara Cepat Turunkan Berat BadanTips Memakai Eyeliner Berwarna CerahAlpukat Buah Kaya ManfaatCara Mengencangkan Kulit Wajahtags: Anda Diet? Sahur Dengan Makanan Rendah Kalori Berikutcantik dan sehatcantikdansehatfeaturefeaturedikan salmonmakanan rendah kalorimakanan rendah lemaksahur rendah kalorisayuran rendah kaloritips ramadhan

You May Also Like

About the Author: amel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *