Kenapa 4 Bagian Pada Wajah Ini Mudah berjerawat?

Sering kita lihat jerawat tumbuh pada bagian-bagian tertentu pada wajah Anda. Penyebab timbulnya jerawat sering dikatakan karena adanya permasalahan pada kulit yang berminyak, namun hal tersebut tidaklah benar. Banyak faktor yang menyembabkan jerawat tumbuh pada area wajah, seperti yang dikatakan oleh banyak praktisi alternative bahwa timbulnya jerawat pada bagian tertentu pada wajah karena adanya permasalah kesehatan yang berbeda-beda dalam tubuh.
John Tsagaris, seorang praktisi pengobatan tiongkok yang berasal dari London mengatakan, jerawat merupakan akibat dari beberapa factor, diantaranya stress, dehidrasi, alergi, dan diet. Akan tetapi faktor utama penyebab jerawat pada wajah adalah karena aktifitas hormon yang tidak baik.

John menjelaskan lebih lanjut bahwa dalam pengobatan yang diterapkan, jerawat ditafsirkan akibat efek dari adanya ketidakseimbangan system yang mengontrol kesehatan kulit, yaitu ginjal dan paru-paru. Dalam hal ini, kulit sangat dipengaruhi oleh fluktuasi besar hormone yang akan berpengaruh pada produksi sebum dan tingkat pH kulit serta tumbuhnya bakteri yang menjadi penyebab pori-pori tersumbat.

 

Ada beberapa bagian wajah tertentu yang mudah atau sering terkena jerawat, berikut 4 bagian wajah yang dijelaskan oleh John Tsagaris dan penyebabnya.

1. Jerawat di dahi
Kadar lemak berlebih sebagai salah satu sebab timbulnya jerawat di bagian dahi, untuk itu disarankan bagi Anda yang berjerawat pada dahi untuk meminum air putih yang banyak dan mengurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Selain itu juga untuk selalu memiliki jam tidur yang cukup, yaitu antara 7 hingga 9 jam tiap malam untuk memperlancar pencernaan.

2. Jerawat di hidung
Jerawat pada area hidung disebabkan karena adanya pola makan yang buruk dan adanya gangguan pada pencernaan. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gula berlebihan, cokelat, kafein, produk yang mengandung susu, kacang-kacangan, kerang, biji-bijian, berlemak, makanan olahan, dan minuman yang berkabonasi. Akan tetapi Anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah seperti semangka, timun, papaya, mentimun, melon dan pir. Selain itu juga mengkonsumsi sayur-sayuran seperti, wortel, seledri, kentang, kacang hijau, kubis, dan lidah buaya.

Baca Juga   Cara Mencegah & Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

3. Jerawat di pipi
Pipi yang terkena jerawat dikarenakan karena stress dan adanya gangguan pada sistem pernapasan, selain itu factor penyebab munculnya jerawat pada bagian pipi juga disebabkan karena merokok dan alergi. Untuk itu, cara mengatasinya menurut John adalah dengan mengkonsumsi sayur-sayuran hijau dan mengurangi asupan susu serta daging.

4. Mulut dan dagu
Bagian wajah yang mudah berjerawat lainnya adalah sekitar mulut dan dagu. Adanya perubahan hormonal dan juga stress yang mengakibatkan timbulnya jerawat pada bagian ini. selain itu, jerawat pada dagu juga dikarenakan asupan air dalam tubuh yang kurang memadai sehingga menyebabkan ketidakseimbangan pada ginjal. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan tidur yang cukup, melakukan relaksasi, dan melakukan pola makan yang sehat serta seimbang agar kesehatan kulit tetap terjaga.

You May Also Like

About the Author: amel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *